Rabu, 09 November 2016

Interaksi manusia dan Komputer

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER MASA DEPAN

Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) atau yang sering disebut dengan Human Computer Interaction (HCI) merupakan sebuah studi yang mempelajari tentang manusia, teknologi, dan bagaimana mereka saling berinteraksi. HCI merupakan hubungan antara manusia dengan komputer baik itu secara langsung mau pun tidak langsung. Human yang dimaksud di sini adalah seseorang atau organisasi yang terdiri dari banyak orang yang bekerja secara bersama-sama untuk tujuan atau visi tertentu.
Sedangkan komputer merupakan sebuah alat atau pun device seperti desktop, PC, mobilesmartphone, dan lain sebagainya yang juga bisa digunakan untuk berkomunikasi, untuk browsing internet, untuk membuat program, untuk bermain game, atau pun hal-hal lain yang bisa dilakukan oleh manusia dan mendukung kegiatan manusia tersebut. Sedangkan interaction merupakan sebuah hubungan timbal balik atau komunikasi antar komputer dan manusia baik secara langsung mau pun tidak langsung dan hubungan ini memiliki manfaat yang lebih bagi manusia itu sendiri.

HCI memiliki 3 karakteristik, yaitu :
  • useful  
  • usable
  • used 
Useful 
Useful memiliki ciri yaitu produk tersebut harus berguna untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contohnya : pada masa lalu manusia mengetik/membuat surat hanya dengan menggunakan mesin ketik, tapi pada zaman sekarang karena teknologi semakin maju, maka dibuatlah komputer yang juga bisa digunakan untuk mengetik. Apa perbedaan antara keduanya? mesin ketik hanya bisa digunakn untuk mengetik saja, sedangkan komputer selain dapat digunakan untuk mengetik, komputer juga dapat digunakan oleh manusia untuk melakukan hal-hal lain yang  mendukung kegiatan manusia seperti browsing internet, membuat kode program, memainkan musik, dan lain-lain. 
  
Usable 
 Usable memiliki ciri yaitu software/device tersebut dapat dipelajari dengan cepat oleh user dan cara mengaplikasikannnya pun mudah/tidak terlalu rumit, sebagai contohnya adalah pada e-mail yang sering kita jumpai di internet dan juga sering kita gunakan untuk mengirim e-mail ke orang lain. Ketika kita ingin membuat e-mail dan mengirimnya, kita tinggal melakukan klik pada tombol new kemudian send sehingga e-mail tersebut akan terkirim ke e-mail yang kita tuju. Kita bisa melakukan pengiriman e-mail ini dengan mudah karena desain yang dibuat oleh e-mail tersebut mudah untuk kita pelajari sehingga kita tidak perlu berhari-hari untuk mempelajarinya.  



Used 
Used memiliki ciri-ciri yaitu memiliki desain yang menarik untuk dilihat, desain software yang digunakan pun tidak asal-asalan tapi juga sesuai dengan kebutuhan dan juga berdasarkan ilmu pengetahuan. 
Contohnya : mouse pada zaman dulu memiliki bentuk kotak yang tidak begitu nyaman jika kita gunakan tetapi pada zaman sekarang berubah menjadi agak melengkung sehingga nyaman jika digunakan oleh manusia.

Dalam sejarah perkembangannya, HCI di masa lalu dan di masa sekarang memiliki karakteristik yang berbeda. HCI di masa lalu memiliki beberapa karakteristik, yaitu berpusat pada fungsi/proses (function process centered), tidak banyak menggunakan grafis, dan berkembangnya pada segi hardware. Sedangkan karakteristik HCI pada masa sekarang adalah berpusat pada pengguna (user centerd), banyak menggunakan grafis, perkembangannya dari segi hardware mau pun software, dan teknologinya ditujukan pada natural feel dan motion capture touch screen.
Prediksi untuk HCI di masa mendatang, secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan juga memiliki banyak kemampuan. Diantaranya adalah melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan perilaku manusia. Kelebihan lainnya lagi adalah kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya pun semakin kecil. Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan dibandingkan komputer pada masa sekarang. Dan kemungkinan teknologi di masa mendatang pastinya akan didominasi oleh penerapan kecerdasan buatan.



Adapun beberapa teknologi yang sangat berperan dalam HCI di masa mendatang, yaitu sebagai berikut :
Holografi 








Holografi merupakan teknik yang memungkinkan cahaya dari suatu benda yang tersebar direkam dan kemudian direkonstruksi sehingga objek seolah-olah berada pada posisi yang relatif sama dengan media rekaman yang direkam.


Biometric 










Biometric merupakan sebuah ilmu untuk mengukur karakteristik tubuh perorangan. Alat keamanan biometric mengidentifikasi seseorang melalui sidik jari, karakteristik tangan, mata atau wajah, intonasi suara dan ciri-ciri biologis lainnya. 
  
Biometrik di Bidang Kesehatan 
Untuk keperluan diagnostik dan pengobatan, studi biometrik diurai menjadi :
  • Bahan biometrik adalah bagian-bagian alat dari alat tubuh yang terlihat ataupun sensorik motorik tubuh manusia seperti: sidik jari, tulisan tangan, wajah, struktur rambut dan tulang, pigmentasi kulit, sklera mata, motorik dan sensorik jari, dan lain sebagainya.
  •  Kode biometrik adalah tanda-tanda spesifik atau unik pada bahan-bahan biometrik seperti garis-garis pada sidik jari, warna pada sklera mata, hambatan pada sensorik motorik dan lain sebagainya.
  • Pengindraan atau membaca kode biometrik adalah metode untuk mengenali atau menerjemahkan berbagai kode biometrik yang ada. 
Teknik pembacaannya bisa menggunakan indra-indra manusia atau peralatan teknologi. Saat ini bidang kesehatan dan psikologi telah mengembangkan berbagai studi seputar membaca kode biometrik, antara lain:
  1. Mengetahui struktur daya tahan tubuh (imuno) melalui lunula kuku ibu jari.
  2. Mengetahui struktur ikatan batin (emo) melalui sidik jari cleft 1 dan cleft 2
  3. Mengetahui struktur alur imunitas (visera) melalui sidik jari sekitar cleft 1
  4. Memahami struktur ritme sefalografi (rileksasi dan stress) melalui cleft kapiler telapak tangan (palmar)
  5. Mengetahui pola pertum-buhan tulang (osteo) melalui lingkar ibu jari dan telunjuk
  6. Mengetahui kondisi paru-paru dan nafas (pulmonal) melalui ujung jari & kuku
  7. Mengetahui kondisi ginjal dan kandung kemih dengan lekukan jari
  8. Memahami pola pertumbuhan jaringan tubuh (plasmo) melalui grafologi lingkaran
  9. Memahami pola interaksi sosial melalui grafologi sudut kemiringan.
  10. Mengetahui potensi psiko-pat dan sosiopat serta struktur ekstra sensoric perception (ESP) melalui Sklera mata, dan lain sebagainya
Virtual Reality 










Virtual Reality atau realitas maya adalah program informasi “immersive” (atau area yang luas), multi-sensory, yang digenerate melalui komputer yang men-trackpengguna secara real time.

Penerapan Virtual Reality

  • Pendidikan dan pelatihan

Penggunaan virtual reality (VR) dalam bidang pelatihan adalah untuk memungkinkan para profesional untuk melakukan pelatihan dalam lingkungan buatan yang nyata di mana mereka dapat memperbaiki kemampuan mereka tanpa konsekuensi yang fatal.
Dalam bidang militer, VR memegang peranan penting dalam pelatihan tempur. Hal ini memungkinkan para tentara berlatih di bawah lingkungan yang terkendali untuk menghadapai berbagai jenis situasi medan dan pertempuran. Sebagai contohnya VR digunakan dalam simulasi menerbangkan pesawat jet tempur, mengendarai tank, dan lain-lain.[2]
  • Video games dan film

Virtual reality akan selalu terikat dengan dunia hiburan. Dimulai pada awal 1990-an, Nintendo dengan Virtual Boy, Virtual I-O dengan perangkat iGlasses, dll. Contoh yang lebih modern adalah Nintendo Wii Remote, Xbox Kinect dan PlayStation Eye/Move, yang akan melacak pergerakan pemain.
Virtual reality melesat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sekarang, beberapa perusahaan besar berfokus pada virtual reality. Dalam bidang ini, contoh penerapan VR adalah merasa bahwa pemain berada di dunia game, menonton konser atau suatu event seakan-akan kita benar-benar berada disana.
  • Arsitektur

Dalam bidang arsitektur, arsitek dapat menggunakan virtual reality untuk membantu mensimulasikan struktur dan desain yang berbeda untuk membantu mereka dalam proses desain ruangan, rumah ataupun gedung. Kemudian para arsitek atau konsumer dapat berkeliling pada desain yang telah dibuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar