Rabu, 09 November 2016

Sistem Interaksi GOOGLE

Nama Google dengan dua ‘o’ pun unik. Sebab, jika data hasil pencarian ditemukan, jumlah ‘o’ akan muncul sebanyak web yang didapat oleh mesin pencari.Kata Google berasal dari kata googol. Kata ini berhasil diciptakan oleh Milton Sirotta, keponakan Edward Kasner, seorang ahli matematika dari AS. Sirotta membuat istilah googol untuk menyebutkan angka satu (1) yang diikuti 100 angka nol (0).Luar biasa. Googol merupakan kata yang menunjukkan sebuah bilangan yang sangat besar jumlahnya. Bilangan yang melebihi
bilangan miliar atau triliun. Dan di alam semesta ini tak ada benda yang berjumlah hingga googol-an. Tidak itu bintang, tidak itu partikel debu, dan tak pula atom.Karena itu, penggunaan kata Google merupakan refleksi dari kata googol. Dengan kata tersebut, Google berusaha merefleksikan dirinya sebagai perusahaan yang memiliki misi mengelola sesuatu yang sangat luas dan tak terbatas. Dan itu hanya terdapat pada dunia saiber tempat informasi melimpah tanpa batas.

Fiture-fiture google (Jenis-jenis Layanan, Fasilitas)
Google memiliki banyak fiture, layanan dan fasilitas yang di sediakan. Yang sekarang banyak orang menggunakannya. Berikut apa-apa saja fitur-fitur, layanan dan fasilitas dari google :
google_maps_icon
Google Map ialah layanan dari Google buat menunjukkan jalan-jalan yang ada di seluruh dunia. Bentuknya seperti peta yang generik Anda lihat. Tetapi layanan Google ini hanya menunjukkan jalan-jalan saja, dan tak ada nama gunung, sungai, ataupun batas-batas daerah dan biasa ditemukan di peta umum. Walaupun begitu, peta yang ada di layanan Maps ini sangat lengkap.


google_translate_icon

google translate ini layaknya kamus yang sangat tebal, karena dengan google translate kita bisa mentranslate berbagai kata dari berbagai bahasa. selain bahasa kita juga bisa mentranslate alamat web suatu situs sehingga untuk web yang menggunakan bahasa yang tidak kita ketahui bisa mengubah tampilanya ke bahasa yang kita sukai.

google-adsense-logo-e1434832868139
Google Adsense adalah sebuah produk layanan jasa periklanan yang disediakan oleh search engine google untuk memfasilitasi antara pemasang dan penayang secara online untuk mendapatkan keuntungan baik dari pihak pemasang, penayang maupun google selaku penyedia.
2000px-logo_of_google_drive-svg
suatu apps Could Computing dari GOOGLE yang di  ditujukan untuk membuat seseorang lebih mudah berkomunikasi menggunakan internet, dan bisa lebih proaktive lagi menggunakan Internet dalam menunjang kegiatan dan aktifitas sehari-hari seperti: Presentasi, Membuat Document, Spreadsheet (*Jadi hal yang biasanya dilakukan dan disimpan di hard disk komputer, sekarang bisa standby Online di Internet.

google_earth_logo
Google Earth merupakan sebuah program globe virtual yang sebenarnya disebut Earth Viewer dan dibuat oleh Keyhole, Inc.. Program ini memetakan bumi dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelitfotografi udara dan globe GIS 3D.


google_chrome_for_android-_android_5-0_logo
Google Chrome merupakan web browser atau aplikasi penjelajah dunia internet yang dikeluarkan oleh Google, Google Chrome menjadi web browser nomor 2 terfavorit setelah Mozilla FireFox.

google_news_logo
Google News merupakan layanan kompilasi berita yang secara otomatis menampilkan berita dari berbagai media. Google News juga menyediakan layanan pencarian berita dengan hasil pencarian berupa-berita yang sesuai dengan kata kunci. Berita yang muncul di baris pertama hasil pencarian adalah berita yang paling banyak dibaca dan yang terbaru. Meski berita-berita sudah diseleksi secara otomatis, tetapi situs-situs berita yang muncul dalam layanan ini dipilih secara menual oleh pengguna. Google News menyediakan fitur News Archives Search untuk mencari berita-berita lama.
new_logo_gmail-svg
Gmail / Google Mail adalah layanan email berbasis web yang disediakan oleh Google secara gratis.


googleplus-logos-02
Googel plus merupakan situs jejaring sosial yang dimiliki oleh google.



google-play-logo
Google Play adalah layanan konten digital milik Google yang melingkupi toko daring untuk produk-produk seperti musik/lagu, buku, aplikasi, permainan, ataupun pemutar media berbasis awan. Layanan ini dapat diakses baik melalui web, aplikasi android (Play Store), dan Google TV. Konten yang telah dibeli tersedia pada seluruh platform-platform di atas Google Play mulai dikenalkan pada bulan maret 2012 sebagai pengganti dari Android Market dan Layanan Musik Google.
streetview_logo
Google Street View merupakan sebuah fitur Google Maps yang diperkenalkan tahun 2007 dan menyediakan pemandangan jalan 360° dan membolehkan pengguna melihat bagian dari kota pilihan mereka dan wilayah metropolitan sekitarnya pada tingkat dasar. Ketika diluncurkan tanggal 25 Mei 2007, hanya lima kota yang dimasukkan. Kemudian berkembang ke lebih dari 40 kota AS, dan meliputi pinggiran kota, dan kota-kota terdekat.


logo-google-financial
Google Finance merupakan situs yang menampilkan informasi finansial perusahaan-perusahaan Amerika Serikat, berisi beragam informasi mulai dari profil bisnis dan pergerakan saham, kebijakan-kebijakan keuangan, informasi eksekutif, tabel interaktif, portofolio perusahan sampai berita-berita terkait perkembangan mereka



Hasil Analisis
  1. Layout atau Tata Letak
layout
Menurut kami, Layout atau tampilan pada halaman Google.com sangat user friendly maksudnya ketika orang yang baru mengenal internet mereka tidak bingung ketika ingin mencari informasi yang di inginkan. Background yang  berwarna putih dengan Teks dan halaman pencarian di bawahnya membuat siapa pun yang mengakses Google akan terfokus pada halaman web tersebut.
  1. Typografi (Gaya Penulisan)
googlelogo_color_284x96dp
Banyak orang juga penasaran dengan jenis font alias huruf apa yang digunakan untuk logo baru Google. Sebagian besar berpendapat font yang digunakan adalah FuturaCentury Gothic, atau Relish Pro. Tapi ternyata semuanya salah, loh! Inilah jenis font yang digunakan Google di logo baru. Kalau melihat sekilas, memang font yang digunakan tampak mirip dengan Futura atau Relish Pro, tapi ternyata bukan. Google sudah membuat font sendiri yang bernama Google Product Sans. Jenis font ini nantinya akan digunakan dalam desain berbagai produk Google yang ada.
  1. Pewarnaan
logocolors-8
Google terdiri dari 4 warna yaitu biru, merah, kuning, dan hijau serta terdiri dari 5 huruf G.O.O.G.L.E. berikut adalah makna setiap warna google.
  1. Biru= Memiliki arti berfokus pada koneksi jaringan internet. Artinya google selalu hanya berfokus pada jaringan internet ia akan selalu ada dan dibutuhkan di dunia internet.
  2. Merah= Memiliki peran yang berfokus pada uang. Dalam sejarah pendirian google. Google didirkan sebagai suatu perusahan internet yang akan menghasilkan uang dari dunia maya.
  3. Kuning= kuning berarti google ingin berperan penting dalam dunia sosial internet dan ia terbuka untuk siapa saja.
  4. Hijau= warna ini berarti bahwa google memiliki penampilan yang berbeda dengan perusahan internet yang lain. Google ingin tampil yang beda.
Dari penjelasan makna diatas memberikan pengertian bahwa google adalah perusahan internet terbesar dan juga terkaya yang selalu peran penting dan selalu dibutuhkan dalam dunia sosial serta terbuka untuk siapa saja yang ingin dibantu olehnya.
  1. Gambar-gambar
google-doodle-3
Gambar pada tampilan menu google sangat sederhana, namun karena setiap harinya menampilkan gambar yang berbeda-beda setiap harinya ditampilan utama, jadi menciptakan suasana yang tidak monoton dan menimbulkan rasa nyaman bagi pengguna. Contohnya google doodle.
  1. Susunan Menu
susunan-menu-google
Susunan menu pada google sangat gampang dipahami dan sudah bagus. Pengguna tidak terlalu sulit dalam memahaminya, karna setiap menu sudah ditampilkan dengan jelas, dan betul-betul menunjukkan fungsi dari setiap menu nya.





  1. Design
mobile-design_flat_flat-google
Untuk design dari google bisa dikatakan sederhana, tapi dari kesederhanaannya membuat user untuk setiap kalangan bisa dengan mudah mempelajarinya dan dengan cepat menyukai design nya.

  1. Ergonomis
google_privacy_security
  • Keamanan : Keamanan website google sudah baik, karena itulah salah satu pendukung banyak nya user yang menggunakan google. Dan menjadi top website yang paling banyak digunakan.
  • Kenyamanan : User nyaman menggunakan google karena selain aman, menu-menu dan fitur yang terdapat pada google mudah untuk dipelajari user. Sehingga membuat user nyaman menggunakan google.
  • Efisien : Google sangat efisien digunakan. Karena dapat memberikan informasi yang dibutuhkan dalam waktu cepat dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh user. Google menjadi search engine paling unggul dalam memberikan informasi, jadi efisien untuk digunakan.
  1. Useability
usability-google
Google menjadi situs yang paling banyak digunakan oleh setiap orang. Karena menjadi search engine yang paling cepat memberikan informasi dari setiap informasi yang dicari.

download Filenya Disini Tugas 1 IMK

sumber : https://prayogiandi.blogspot.co.id/2016/11/analisis-kegunaan-google.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar